NEWS

Jokowi Dorong Banyuwangi Untuk Terus Berinovasi

Jokowi Dorong Banyuwangi Untuk Terus Berinovasi

Jokowi Dorong Banyuwangi Untuk Terus Berinovasi - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut Jokowi dalam kapasitasnya sebagai calon presiden. Dalam penyambutan itu, Jokowi membahas tentang inovasi. 

"Seperti biasa, Pak Jokowi selalu menekankan soal inovasi daerah. Beliau mendukung penuh semua daerah yang giat berinovasi, baik dalam hal pengembangan ekonomi, sosial, seni-budaya, maupun pelayanan publik. Memang DNA inovasi ada pada diri Pak Jokowi, sehingga beliau senang bila ada daerah terus berinovasi," ujar Anas di Banyuwangi, Selasa (26/3).

Jokowi, lanjut Anas, juga mengapresiasi inisiatif Banyuwangi yang didukung pemerintah provinsi dan pusat dalam mengembangkan bandara.

Anas lalu menceritakan bagaimana proses pengembangan terminal hijau bandara tersebut yang memang sengaja didesain unik untuk mendukung Banyuwangi sebagai destinasi wisata.

Di terminal bandara, penggunaan AC hampir tidak ada, tetapi suasananya tetap dingin karena penyediaan sirkulasi udara dan aliran air di kolam yang mengelilingi hampir semua ruang bandara.

Jokowi juga menghargai terminal hijau pertama di Indonesia yang dirancang oleh arsitek terkenal Andra Matin. Anas mengucapkan terima kasih atas pembangunan terminal hijau.

Saya juga mengucapkan terima kasih bahwa pemerintah pusat sedang mengembangkan Bandara Banyuwangi untuk sebagian besar, baik melalui skema APBN dan dari tahun lalu melalui BUMN. "Secara total, ada ratusan miliar dana dari pusat bandar udara Banyuwangi yang menyediakan akses tidak hanya ke Banyuwangi, tetapi juga ke Situbondo, Bondowoso dan bahkan ke Bali bagian barat," kata Anas.

Dari beberapa foto di jejaring sosial, tampaknya Jokowi dan Mrs. Iriana bersama Khofifah dan Anas berjalan melalui koridor terminal hijau Bandara Banyuwangi.

Jokowi tampak serius melihat ke dalam bandara, yang sebagian dikerjakan dengan kayu bekas. Jokowi juga mencoba duduk di kursi yang diproduksi oleh industri mebel Banyuwangi yang menghiasi terminal.

Di gerbang luar terminal bandara, Jokowi disambut oleh aksi bangau khas Banyuwangi. Jokowi juga menyambut para seniman muda dengan hangat, berdialog singkat dan berfoto bersama.

Untuk mengetahui dalam sambutannya, Khofifah dan Anas menyatakan bahwa mereka telah meminta libur di tempat kerja untuk menyambut Jokowi.

No comments